23 October, 2020
Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra

Ada 2 macam kiamat yaitu Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra beserta contohnya yang bisa untuk dipelajari. Perbedaan kiamat Sugra dan kiamat Kubra juga cukup mendasar.

Di dalam Al Quran dan hadist, Islam memberikan penjabaran yang cukup jelas kepada umatnya akan akhir zaman ini. Hingga, tanda-tanda kedatangan dari akhir zaman juga diulas.

Tanda-tanda yang besar atau Kiamat Kubra ini seperti contohnya kedatangan dari Dajjal, Imam Mahdi, selanjutnya Nabi Isa (yang akan menyatukan semua kekuatan baik itu untuk melawan yang jahat), dan ditiupnya sangkakala beserta dengan tanda-tanda kecil yang akan mendahuluinya.

Kita sebagai manusia sudah hidup di bumi selama beberapa tahun lamanya. Yang perlu kita ketahui, bumi itu terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan yang muncul di permukaan bumi pada miliar tahun yang pertama.

Bumi merupakan salah satu tempat tinggal bagi jutaan makhluk hidup termasuk manusia. Sumber daya mineral bumi dan produk biosfer yang lain bersumbangsih terhadap penyediaan sumber daya untuk mendukung banyaknya populasi manusia di bumi.

Setelah bumi berusia miliar tahun lamanya, bumi pasti lama-lama akan rusak dan akan ada masa di mana bumi mengalami kehancuran.

Kiamat Sugra

Kiamat sugra atau biasa disebut dengan nama kiamat kecil merupakan berakhirnya kehidupan sebagian makhluk di dunia ini, baik itu secara individu maupun secara kelompok.

Pasti, semua makhluk hidup yang bernyawa di dunia ini akan mengalami kematian. Tak ada makhluk di dunia ini yang akan kekal abadi. Semua musnah dan binasa.

Berikut ini beberapa contoh kiamat sugra :

  1. Meninggalnya Seseorang
  2. Bencana Alam

Jadi, kiamat sugra atau kiamat kecil ini perlu untuk kita waspadai karena bisa datang kapan saja, di mana saja, bahkan di dekat atau di sekitar kita.

B. Kiamat Kubra

Kiamat kubra alias kiamat besar merupakan seluruh berakhirnya kehidupan makhluk yang ada di dunia ini. Siapa saja tak akan pernah bisa mengetahui datangnya dari kiamat kubra ini.

Bahkan, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih sekalipun yang bisa di luar nalar manusia, tetap tak akan bisa memprediksi kapan datangnya dari kiamat kubra ini.

Bahkan, para Rasul dan Malaikat juga tak diberi tahu oleh Allah SWT secara pasti kapan tiba hari kiamat, apalagi hanya kita manusia biasa. Kiamat besar ini mutlak menjadi rahasia milik Allah SWT.

Sementara itu, jika kiamat kubra ada tanda-tandanya, seperti :

  1. Matahari Terbit dari Ufuk Barat
  2. Muncul Binatang Ajaib yang Mampu Berbicara dengan Manusia
  3. Keluarnya Dajjal
  4. Keluarnya Imam Mahdi

Nah itu adalah sedikit penjelasan singkat mengenai Kiamat Sugra dan Kubra beserta contoh dan tanda-tanda yang akan muncul. Semoga Allah SWT melindungi kita dimanapun kita berada. Aamiin.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

One Comment

  1. Mumu ahmad mulyana Reply

    Assalamualaikum wr.wb semoga guru saya ustadz julkifli muhamad ali dalam keadaan baik dan panjang usia. Sebelumnya mohon maaf saya dari versi awam ingin bertanya tentang ceramah ustadz. Kata ustadz kalau ingin selamat dari dajjal rutinkan sholat berjamaah di masjid. Terus bagai mana jika seorang guru majelista’lim apakah harus di masjid dg meninggalkan santrinya untuk sholat berjamaah di masjid apa sudah cukup berjamaah di majelis ta’lim dg para santrinya. Mohon balasanya. Terimakasih dan mohon maaf jika salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *