30 March, 2020
Nama-nama Malaikat

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

Percaya dengan adanya Malaikat adalah salah satu rukun iman yang harus kita yakini. Dengan demikian kita bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

Sahabat sebaiknya mengetahui Nama-nama Malaikat yang harus kita yakini :

1. Malaikat Jibril

Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul, yang mempunyai dan memegang amanah guna mengajak umat manusia yang lain hanya untuk menyembah kepada Allah SWT.

Malaikat Jibril juga banyak diketahui dan didengar pada kisah Nabi Muhammad SAW, di mana Jibril selalu menampakkan diri kepada Rasulullah dan tak ketinggalan melakukan cukup banyak interaksi atau komunikasi terhadap Rasulullah.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah Malaikat yang bertugas guna memberikan rezeki kepada seluruh umat manusia, baik itu yang beriman kepada Allah SWT, maupun yang tidak.

Rezeki (rizki) yang diberikan ini kepada seluruh manusia, bahkan bukan hanya manusia saja, melainkan kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya. Tentu ini sudah menjadi ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Malaikat ini memiliki tugas untuk meniup terompet sangkakala. Terompet sangkakala ini hanya akan ditiupkan saat tiba di hari kiamat saja.

Sementara itu, ada sebanyak 3 tiupan terompet ini, contohnya :

  • Tiupan yang pertama, pertanda hari kiamat sudah datang dan akan mengguncangkan seisi bumi.
  • Tiupan yang kedua, merupakan tiupan kematian yang mana semua yang ada di bumi dan di langit, semua makhluk dan ciptaan Allah akan mati.
  • Tiupan yang ketiga, merupakan tiupan kebangkitan setelah terjadi kematian, di mana semua makhluk hidup yang berada di bumi dan di langit akan dibangkitkan lagi oleh Allah SWT.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa, yang mana keberadaannya bisa ramah atau malah justru sebaliknya.

Malaikat Izrail bisa ditemui oleh manusia saat sudah Sakaratul Maut atau sedang menuju kematian.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar memiliki tugas untuk menanyai dan memeriksa perbuatan manusia ketika manusia tersebut masih hidup di dunia.

Pertanyaan dan pemeriksaan amalan perbuatan apa saja yang telah seseorang lakukan di dunia, akan ditanyakan saat manusia sudah memasuki alam kubur dan manusia yang ditanya tak akan mampu berbohong dan tak bisa menghindari.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, yakni menanyakan mengenai perbuatan apa saja yang sudah dilakukan oleh manusia semasa hidup di dunia.

Lagi-lagi, manusia tak akan mampu berbohong karena bukan mulut yang menjawab pertanyaan tersebut, namun anggota tubuh yang lain, atas kehendak Allah.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat segala bentuk amal baik yang telah diperbuat atau dilakukan oleh manusia semasa hidupnya di dunia.

Hanya saja, manusia tak akan mampu melihat keberadaannya. Namun, jangan takut! Setiap amal baik yang kita lakukan pasti akan dicatat dan tak akan pernah terlewat satu-pun!

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid juga memiliki tugas untuk mencatat, namun, bukan seperti Raqib, Atid ditugaskan untuk mencatat perbuatan yang buruk oleh manusia semasa di dunia.

Senada dengan pencatatan amal dari Malaikat Raqib, Atid juga tak akan pernah melewatkan satu kejadian kecil-pun atas apa yang diperbuat oleh manusia semasa di dunia.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik seringkali disebut sebagai Malaikat yang menyeramkan. Bagaimana tidak? Tugas dari malaikat ini sendiri ialah menjaga pintu neraka. Malaikat Malik dengan tegasnya akan menyeret manusia masuk ke dalam neraka, karena semasa hidup di dunia enggan beriman kepada Allah SWT.

Malaikat Malik juga merupakan malaikat yang tegas dan patuh terhadap segala bentuk perintah Allah untuk senantiasa menjaga neraka dengan baik.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga, di mana setiap manusia pasti mendambakan surga kelak dan akan disambut dengan ramah oleh Malaikat Ridwan.

Tidak hanya itu saja, saat di dalam surga, tentu akan ada lebih banyak kenikmatan dan keindahan yang bisa kita terima, lebih dari apa yang sekadar kita bayangkan sekarang.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *