1 November, 2020

Nabi Muhammad SAW Mendapat Gelar Al Amin

Al-Amin adalah sebuah gelar yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah ensiklopedi dunia, Britanica Encyclopedia, pada sub Biografi Muhammad SAW disebutkan bahwa gelar “Al-Amin” kepadanya disebabkan ibunya bernama Aminah.

Padahal, faktanya orang-orang di Arab pada masa itu memberikan kesaksian atas gelar tersebut tanpa menghubung-hubungkan dengan ibunya. Gelar Al-Amin bagi Nabi Muhammad SAW disandangkan oleh penduduk Mekkah karena dikenalnya Nabi Muhammad SAW sebagai seorang laki-laki yang penuh amanah, jujur dan dapat dipercaya.

Dan karena fakta ini, amanah dan jujur, saja yang menarik hati seorang Khadijah yang kemudian berharap dapat menikahinya, setelah melihat dengan mata kepalanya sendiri saat dia dipekerjakan di usaha dagang yang digelutinya.

Dan, lebih kentara lagi gelar ini disandangkan saat beliau mampu dengan adil dan bijak memutuskan perselisihan terkait siapa yang paling berhak menempatkan kembali Hajar Aswad pada tempatnya. Mereka mengatakan kepada Nabi SAW, Rodiinaa bil amin.

Artinya, Kami ridha dengan keputusan al-Amin (Nabi Muhammad SAW).” Gelar al-Amin (tepercaya) yang disandang oleh Rasullah SAW merupakan bukti mulianya perangai Rasulullah SAW, baik saat belum diangkat menjadi nabi dan Rasul maupun setelah menjadi Nabi dan Rasul.

Allah SWT berfirman, Dan sesungguhnya, engkau (Muhammad) benar-benar memiliki akhlak yang agung. (QS al-Qalam [68]: 4). Setidaknya ada lima sifat atau akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah SAW sehingga beliau digelari al-Amin. Pertama, kejujurannya. Suatu saat Nabi Muhammad SAW bersabda, Wahai kaum Quraisy, kemarilah berkumpul kalian semua.

Aku akan memberikan sebuah berita kepada kalian semua! Setelah masyarakat Quraisy berkumpul, beliau bersabda, Saudara-saudaraku, jika aku memberi kabar kepadamu, di balik bukit ini ada musuh yang sudah siap siaga hendak menyerang kalian, apakah kalian semua percaya? Tanpa ragu mereka menjawab, Percaya!, Engkau sekalipun tidak pernah berbohong, wahai Al- Amin.”

Kedua, amanah. Diriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah RA berkata, Seandainya Rasulullah memang mau menyembunyikan sesuatu dari apa yang diturunkan Allah kepadanya, pasti beliau akan menyembunyikan firman Allah SWT Surah al-Ahzab (33, ayat 37). (HR Bukhari dan Muslim).

Ketiga, kesantunannya. Diceritakan, setiap kali Rasulullah pergi ke masjid selalu diludahi dan diludahi, kemudian pada saat yang lain tidak ada yang meludahi lagi, ditanyakan oleh Rasul, rupanya orang itu sakit. Rasul pun bergegas untuk menjenguknya. Dengan kedatangan Rasul, orang itu pun menangis.

Ternyata Rasulullahlah yang pertama datang menjenguknya. Orang yang selama ini ia benci, ternyata yang datang pertama kali menjenguknya. Keempat, kerendahan hatinya. Dari Anas bin Malik RA, beliau menceritakan, Suatu hari datang seorang wanita menjumpai Rasulullah SAW dan berkata, ‘Sesungguhnya aku membutuhkan sesuatu darimu (wahai Rasulullah)’.

Lalu, Rasulullah menjawab, ‘Pilihlah di jalan mana yang engkau kehendaki di Kota Madinah ini, tunggulah aku di sana, aku akan menemuimu (memenuhi keperluanmu)’. (HR Abu Daud). Kelima, sifat malu.

Abu Sa’id Al-Khudri RA mengatakan, Rasulullah SAW itu lebih pemalu daripada gadis dalam pingitan. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, niscaya kami dapat mengetahui ketidaksukaan beliau itu dari wajahnya. (HR Bukhari). Semoga kita semua sebagai umatnya dapat meneladaninya, sehingga kita menjadi pribadi yang terpercaya.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *