30 October, 2020
Meninggal di Bulan Maulid

Meninggal di Bulan Maulid

Tidak tahu bagi kita akan kembali ke Allah kapan dan dimana, namun ada beberapa hadist yang mengisyarakatkan bahwa meninggal yang paling baik adalah adalah hari jumat atau malam jumat. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Keutamaan bagi orang muslim n muslimah yg meninggal dunia pd hari atau malam Jumat.

Berikut ini kami akan sebutkan lafazh hadits dan terjemahnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ »

Artinya: “Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

Derajat hadits ini diperselisihkan oleh para ulama hadits. Ada diantara mereka yg menilainya sebagai hadits DHO’IF (Lemah), seperti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani, Al-Mundziri, Syaikh Syu’aib Al-Arnauth, dan selainnya. Dan ada pula sebagian mereka yang menilainya sebagai hadits Maudhu’ (PALSU).

Imam At-Tirmidzi berkata: “Hadits ini Ghorib, dan sanadnya tidak tersambung (kpd Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam).”

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Di dalam sanadnya ada kelemahan. Dan Abu Ya’la juga meriwayatkan dari hadits Anas dengan lafazh yg semisalnyan akan tetapi sanadnya juga DHO’IF.”

(*) Namun ada pula sebagian ulama hadits lain yg menilai bahwa derajat hadits ini HASAN, spt imam as-Suyuthi n Syaikh Al-Albani rahimahumullah.

» Syaikh Al-Albani berkata di dalam kitab Ahkamul Jana-iz: “Hadits ini berdasarkan banyaknya jalur periwayatannya (yang saling mendukung dan menguatkan) derajatnya HASAN atau SHOHIH.”

Dan hadits ini jika kita memandang derajatnya HASAN atau SHOHIH sbgm penilaian imam as-Suyuthi n Syaikh Al-Albani, maka ini menunjukkan beberapa faedah dan pelajaran penting bagi kita semua. Diantaranya:

1) Keutamaan orang muslim dan muslimah yang meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat.

2) Penetapan adanya fitnah (pertanyaan dan siksa) kubur.

3) Sebagian hamba Allah yang muslim dan mukmin diselamatkan dan dilindungi oleh Allah dari fitnah (pertanyaan dan siksa) kubur.

4) Keutamaan ini tidaklah diperoleh kecuali bagi orang muslim/muslimah yg meninggal dunia di atas aqidah tauhid dan terbebas dari segala macam bentuk kemusyrikan, kekufuran, dan segala hal yg membatalkan iman dan Islam. Adapun orang yg meninggal dunia dlm keadaan murtad, kafir dan musyrik maka ia pasti disiksa di dlm kuburnya dan di dalam api Neraka utk selama-lamanya. Na’udzu billahi min dzalik.

5. Tidak boleh memastikan bahwa si fulan mendapat siksa kubur, atau si fulan mendapat nikmat kubur. Atau memastikan si fulan meninggal dunia dlm keadaan Husnul Khotimah atau Su-ul Khotimah. Atau si fulan menjadi calon penghuni Surga atau Neraka kecuali bagi orang2 yg telah dipastikan oleh Allah n Rasul-Nya di dlm Al-Quran n Al-Hadits yg Shohih.

6. Sikap yg benar kepada seorang muslim n muslimah yg meninggal dunia adalah berbaik sangka kpdanya, n berharap kebaikan untuknya, serta memohon ampunan n rahmat Allah baginya.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *