14 October, 2019
Menguap Saat Sholat

Menguap di Tengah Sholat

Menguap merupakan kegiatan mengagakan mulut dengan mengeluarkan napas karena mengantuk. Segala ketetapan Allah pastinya memiliki manfaat bagi umatnya yang menjalankan dan menaati ketetapan tersebut.

Namun, terkadang kita menyepelekan persoalan adab menguap yang baik, karena menganggap hal tersebut bukan merupakan bagian dari ibadah. itu tidaklah benar, karena bagi Allah, ibadah adalah segala sesuatu yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan hasil sesuai dengan niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits tersebut dkatakan, bahwa segala amal atau perbuatan akan bernilai ibadah atau tidak disisi Allah SWT. bergantung pada niat dalam melakukan amal dan perbuatan tersebut.

Persoalan menguap memang terdengar sepele, namun tahukah kalian bagaimana hukum menguap ketika shalat?

Hukum Menguap Ketika Shalat

Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam merupakan teladan yang baik dan sempurna bagi umatnya, baik dalam perkara yang besar maupun kecil atau sepele. Dan beliau selalu memberikan contoh yang baik bagi umatnya dalam melakukan segala sesuatu, termasuk dalam perihal menguap.

Para kaum muslimin mungkin sering lupa atau dengan sengaja tidak menutup mulut ketika menguap, membiarkan mulutnya ternganga lebar tanpa ditutupi dengan tangan. Padahal hal tersebut tidaklah baik, dan hal sepele seperti menguap sesungguhnya dapat menjadi salah satu cara meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah sebagai hambanya.

Dalam sumber syariat Islam terdapat hadits Rasulullah yang membahas mengenai perkara menguap, dan Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam sendiri telah mengajarkan agar umatnya menutup mulut mereka ketika menguap dan tidak membuka lebar-lebar mulutnya ketika menguap.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu., ia berkata, Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda :

“Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampu mungkin.” (HR, Muslim)

Dalam hadits tersebut dijelaskan, bahwa jika seseorang hendak menguap, maka disarankan atau dianjurkan agar ia menutup mulutnya sebisa mungkin. Atau mereka dapat menutup mulutnya dengan telapak tangan ketika menguap. Dan alangkah lebih baik lagi, ketika seseorang menguap ia menutup mulutnya menggunakan tangan kiri, karena menguap merupakan salah satu perbuatan yang buruk,

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *