30 October, 2020
Mengapa Bulan Muharram disebut Syahrullah

Mengapa Bulan Muharram disebut Syahrullah

Selamat Sore Sahabat Uzma, tahukah sahabat Mengapa Bulan Muharram disebut Syahrullah?  Bulan Muharram disebut Rasulullah SAW sebagai syahrullah (bulan Allah). Sebagaimana tercantum dalam hadis berikut:

” Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharram.” (HR. Muslim)

Yang menjadi pertanyaan, seistimewa apa bulan Muharram sampai-sampai disebut secara khusus sebagai bulan Allah?

Menurut Imam As Suyuthi Rahimullah, salah satu keistimewaan bulan ini adalah namanya yang Islami, tidak seperti nama-nama bulan lainnya yang telah ada sejak zaman jahiliyah. Dulunya, bulan ini disebut sebagai Shafar Awwal. Lalu di zaman Islam diubah bulan Muharram.

Al Hafizh Al ‘Iraqi Rahimahullah menjelaskan bahwa hikmah dinamakan syahrullah karena dua alasan. Pertama, bulan Muharram merupakan bulan haram. Dari 12 bulan yang ada, empat di antaranya adalah bulan haram, yakni bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

Ashurul haram (bulan haram), termasuk bulan Muharram ini adalah bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bulan-bulan haram memiliki kesucian, dan karenanya menjadi bulan pilihan.

Di antara bentuk kesucian dan kemuliaan bulan-bulan itu adalah kaum muslimin dilarang berperang, kecuali terpaksa; jika diserang oleh kaum kafir. Kaum muslimin juga diingatkan agar lebih menjauhi perbuatan aniaya pada bulan-bulan haram.

Kedua, karena Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Islam. Ketika Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu mencetuskan penanggalan Islam, beliau memilih tahun hijrah sebagai tahun pertama sehingga penanggalan ini disebut dengan kalender hijriyah. Sehingga, tahun baru Islam mengingatkan kita dengan peritiwa hijrah. Hijrahnya Rasulullah dan para sahabat dari Makkah ke Madinah.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

 

 

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *