23 October, 2020
Bulan Maulid Bulan yang Utama

Bulan Maulid Bulan yang Utama

Bulan Maulid Bulan yang Utama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang memiliki sejarah luar biasa dengan berbagai macam peristiwa penting umat Islam.

Berikut ini adalah 3 Peristiwa Penting di Bulan Maulid sehingga menjadikan bulan ini menjadi salah satu bulan yang utama :

Kelahiran Nabi Muhammad

Kelahiran nabi Muhammad terjadi pada tanggal 12 Rabiul Awwal 571M atau disebut tahun Gajah.( Dalam al Quran dijelaskan tentang disebutkannya tahun gajah adalah pada surah Al Fiil yang menceritakan rencana Abrahah menghancurkan Makkah). Pada tahun itu, Nabi Muhammad lahir. Konon, saat malam Nabi Muhammad lahir, langit begitu terang benderang dan tenang.

Kelahiran Nabi Muhammad telah disebutkan dalam kitab-kitab terdahulu seperti injil. Dan taurot bahwa akan ada penutup para nabi yang lahir dengan berbagai ciri-ciri dan tanda-tanda. Maka, kelahiran Nabi Muhammad adalah sesuatu yang ditunggu oleh kaum yang masih beriman diantara masa-masa Jahiliyah yang menimpa. Nabi Muhammad seolah menjadi cahaya dalam ke-gelapan masa Jahiliyah.

Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Al ‘Irbadh bin Sariyah As Sulami, dari Nabi SAW; beliau bersabda: “aku berada di sisi Allah dalam Ummul Kitab, penutup para Nabi, dan Adam masih dalam bentuk tanah, dan aku akan menjelaskan kepada kalian takwilnya: “aku adalah doanya ayahku Ibrahim, berita gembita Isa kepada kaumnya, mimpi ibuku dimana ia melihat cahaya keluar darinya menerangi istana Syam, demikian juga ibu para Nabi melihat peristiwa yang sama”.” Diriwayatkan dari Al Hakim dan ia mengatakan Shahih Isnad.

Kenabian Nabi Muhammad

Dalam Musnad, dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Nabi dilahirkan pada hari senin, diangkat menjadi nabi hari senin, keluar berhijrah dari Mekah ke Madinah hari senin, wafat hari senin, dan mengangkat Hajar aswad pada hari senin.”(sanandnya Dhoif)

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari Abi Qathadhah Al Anshari bahwa Nabi ditanya tentang puasa hari senin, Nabi menjawab “itu adalah hari aku dilahitkan, dan hari itulah diturunkannya kenabianku.” (shahih)

Menurut sebagian besar para Ulama’, Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan rasul ketika beliau berumur 40 tahun. Dan diangkatnya Muhammad sebagai Nabi dan Rosul adalah nikmat yang lebih besar dari penciptaan langit dan Bumi, Matahari, bulan, siang, malam, tanaman, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa bulan Rabiul awwal atau bulan Mulud ini menjadi bulan yang memiliki keutamaan tersendiri daripada bulan lainnya dalam Islam.

Wafatnya Nabi Muhammad

Nabi Muhammad wafat pada 12 Rabiul Awwal . wafatnya nabi Muhammad menjadi hari tersedih dalam benak muslimin dan para sahabat. Wafatnya Nabi Muhammad mengingatkan akidah kita bahwa Nabi Muhammad adalah manusia yang akan berpulang kembali pada Allah. Allah berfirman kepada NabiNya:

“sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula)” (Q. S. Az Zumar: 30)

“kami tidak menjanjikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaab (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (Q. S. AL-Anbiya’ : 34-35)

Mengingat wafatnya Nabi Muhammad adalah mengingatkan kita pada kematian pula. Nabi Muhammad yang kekasih Allah saja harus merasakan mati untuk kembali pada Allah, apalagi kita. Maka dari itu, Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk mengingat mati. Beliau bersabda:

“perbanyaklah mengingat si penghancur kelezatan, yaitu kematian.”(dalam Musnad Imam Ahmad: shahih)

Ketiga peristiwa besar dalam sejarah Islam yang telah disebutkan tadi sekaligus menjadikan bulan Rabiul Awwal atau Mulud menjadi bulan yang lebih utama dibandingkan bulan lain. Ketiga peristiwa itu juga berhubungan langsung dengan Nabi Muhammad. Makanya tidak heran jika banyak umat Islam memiliki tradisi merayakan Maulid Nabi pada bulan Mulud dengan syukuran.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

Info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

Info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *