14 October, 2019
Apa Saja Amalan di Bulan Muharram

Apa Saja Amalan di Bulan Muharram

Selamat siang sahabat uzma, kita sudah memasuki akhir dari bulan Muharram. Salah satu bulan baik dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Namun Apa Saja Amalan di Bulan Muharram ini?

Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah yang dihitung berdasarkan revolusi bulan. Nabi Muhammad SAW menyebut bulan Muharam sebagai Syahrullah atau berarti Bulan Allah.

Allah melarang umat Islam untuk berbuat kerusakan, terutama di bulan ini, lantaran keutamaan bulan Muharam adalah bulan suci, sesuai dengan firman Allah dalam Alquran Surat At Taubah ayat 36.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,” terjemahan QS At Taubah ayat 36.

Empat bulan suci yang dimaksud itu adalah bulan Dzulqaadah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab. Ini sesuai dengan hadis sahih dari Bukhari.

“Waktu berputar sebagaimana keadaannya semula ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri dari 12 bulan, empat di antaranya adalah bulan suci, tiga berurutan yaitu Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam, dan yang keempat adalah Rajab,” Hadis Riwayat Bukhari: 4054

Bulan-bulan ini dinamakan bulan suci karena pada bulan ini umat Islam diharamkan melakukan pembunuhan atau peperangan. Pada bulan ini pula, larangan berbuat haram lebih ditekankan karena bulan-bulan ini termasuk bulan yang mulia. Sedangkan amalan ketaatan juga akan berbalas pahala yang besar.

Salah satu amalan yang utama di bulan Muharam adalah puasa. Umat Islam dianjurkan memperbanyak puasa di bulan Muharam. Salah satu puasa sunah yang dapat dilakukan adalah Tasu’a pada 9 Muharam dan Asyura pada 10 Muharam.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” Hadis Riwayat Muslim: 1983.

Amalan lain yang dapat dilakukan saat memasuki tahun baru di bulan Muharam di antaranya adalah bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, muhasabah atau introspeksi diri, dan mengenang perjalanan hijrah nabi Muhammad.

Momen memasuki Tahun Baru Islam dapat pula dilakukan dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Doa juga merupakan bentuk pengharapan kepada Allah agar mendapatkan rahmat serta keutamaan bulan Muharam.

Jadi Amalan di Bulan Muharram yang bisa kita lakukan :

  1. Memperbanyak Puasa [ Tasu’a pada 9 Muharam dan Asyura pada 10 Muharam ]
  2. Bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah
  3. Berdoa kepada Allah SWT
  4. Bersedekah

Nah itu tadi adalah 4 Amalan yang bisa kita lakukan di Bulan Muharram. Semoga kita dan keluarga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

#SemasihAdaKesempatan
#SemasihAdaNyawa

yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui UZMA (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali MEDIA) yang akan disalurkan ke beberapa divisi dakwah, yaitu pendidikan dan dakwah fie sabilillah demi tegaknya dakwah islam

#donasidakwahfiesabilillah
#donasi_Media
#donasi_pendidikan
#donasi_pembangunan

DIPUSATKAN DI SATU NOMOR REKENING, yaitu :

BANK MUAMALAT
NOREK : 4230014705
an. Zulkifli Muhammad Ali
Kode bank Muamalat : 147

📲 Konfirmasi transfer : 0852 9 2222 408

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0852.9222.2408 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
serta kirimkan pula bukti transfer berupa screenshoot kepada kami untuk pendataan.

jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV Channel

📲 info jadwal ceramah & pengundangan
0852.9222.2407

📲 info pemesanan produk UZMA
0853.2222.3408

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *