31 October, 2020
Adzan Subuh Masih Makan Sahur, ini Hukumnya

Adzan Subuh Masih Makan Sahur, ini Hukumnya !

Assalamualaikum Sahabat, mungkin sebagian dari kita saat sahur ada yang telat bangun sehingga kada sudah terdengar Adzan Subuh kita masih melanjutkan makan sahur kita. Untuk kejadian tersebut berikut ini ada sebuah penjelasan yang menjelaskan hal tersebut. Semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita untuk menjalankan Ibadah Puasa yang Sempurna.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (Qs. al-Baqarah: 187)

Lalu, bagaimana hukum orang yang masih melanjutkan makan sahurnya atau minum ketika adzan Subuh atau sekitar seperempat jam setelahnya?

Jika yang bertanya mengetahui bahwa waktu tersebut memang belum saatnya Subuh, maka tidak perlu qadha’, tapi jika ia tahu bahwa waktu tersebut telah masuk waktu Subuh, maka ia harus meng-qadha’-nya. Jika ia tidak tahu apakah ketika ia masih makan dan minum itu telah masuk waktu Subuh atau belum, maka tidak perlu meng-qadha’.

Karena, hukum asalnya saat itu adalah masih malam (belum masuk waktu Subuh). Namun demikian, hendaknya seorang mukmin berhati-hati dalam menjaga puasanya dan menahan diri dari segala hal yang membatalkannya jika telah terdengar adzan, kecuali jika ia tahu bahwa adzan tersebut sebelum masuk waktu Subuh.

Bagi sahabat yang ingin belajar mengenai komputer bisa Kursus Komputer Jogja atau Pelatihan IT Jogja di JogjaWebHost.

Semoga Allah SWT menerima segala amal baik kita di Bulan Ramadhan tahun ini. Aamiin

Share

UzmaMedia.com merupakan sebuah website media Dakwah Ustad Zulkifli Muhammad Ali yang dikelola oleh tim media Uzma. Pembahasan dalam setiap kasus dan jawaban dipaparkan secara jelas dan ilmiah, berdasarkan dalil Alquran dan Sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *